NetBook Atau NoteBook

8 Jan 2012

best-netbook-notebook

best-netbook-notebook

Kebanyakan kita masih dipusingkan dengan dua pilihan. Apa yang kita inginkan netbook atau notebook? Belum lagi dengan soal keuangan yang kita miliki sangat terbatas. makin rumit dibikinnya. Ada beberapa tips yang bisa jadi alasan apakah anda harus memakai netbook atau notebook.

1. Ukuran Layar

Layar netbook terbilang kecil sekitar 10 inch yang banyak beredar di pasaran, sementara layar notebook terbilang besar sekitar 12 - 14 inc dipasaran. Nah, apakah anda cukup bisa melihat dengan kondisi netbook yang kecil atau harus tampilan besar dari notebook?

2. Dimensi Gambar

Netbook tidak sanggup menampilkan ukuran gambar pixel yang terlalu besar, sementara notebook mampu menampilkan hasil gambar pixel yang tinggi dengan tingkat pencahayaan yang memuaskan. Untuk orang yang kerap dengan multimedia, atau yang suka design gambar tidak cocok memilih netbook, anda akan lebih puas bila memilih notebook sebagai teman karib anda dalam berimajinasi.

3. Multimedia

netbook tidak memiliki dvd, dvdnya harus dibeli terpisah dengan netbook. Sementara notebook telah memiliki dvd yang telah digabungkan dengan notebook. Fasilitas di notebook pun jauh lebih lengkap dari netbook.

4. Processor (otak komputer)

netbook dilengkapi dengan intel atom sebagai processor yang handal tapi murah, sementara notebook banyak dilengkapi oleh processor yang kian tahun kinerjanya makin ditingkatkan seperti core solo, dual core, quad core, core 2 duo, i3, i5, i7.

5. Harga

Harga netbook berada di kisaran 2 sampai 3 jutaan, sementara notebook berada di kisaran 3 sampai 20 jutaan.

6. Berat

Berat netbook sekitar 1 kiloan, sementara berat notebook 2 - 3 kg. Ini penting buat orang yang sangat menginginkan mobilitas yang tinggi. Ini bisa jadi perhatian lebih. Sebab membawa peralatan yang berat bukan hal yang gampang.

7. Daya Baterai

Jauh lebih tahan lama daya tahan baterai pada netbook dikarenakan fasilitasnya tidak begitu banyak menyerap arus. Sementara untuk notebook lebih cepat menyerap arus baterai dikarenakan fitur yang disajikan begitu lengkap.

8. Fungsional

Ketika akan membeli notebook atau netbook, coba kita tanya pada diri sendiri mau digunakan untuk apa ni sebenarnya? Kalo anda mau pergunakan perangkat tersebut bukan untuk hal-hal yang khusus seperti anda seorang designer, programmer atau apapun itu disarankan untuk membeli yang seperlunya saja sesuai kapasitas penggunaan sekaligus penghematan mata (Maksudnya mata pencaharian, hehehe……..).

9. Kelengkapan

Tentunya kelengkapan netbook jauh lebih sedikit daripada notebook. Seperti di netbook suara lebih kecil, dvd rw tidak ada, slot usb hanya 3, sementara di notebook suara lumayan besar, dvd rw sudah ada, slot usb 4 dan lain-lain. Pokoknya kalo soal perangkat di notebook jauh lebih banyak deh ketimbang netbook.

10. Masih bingung?

Ambil secarik kertas dan alat tulis, kemudian dibagi dua kertas, sisi kanan diberi label netbook dan sisi kiri notebook. Ikuti point demi point yang telah diberikan. Jangan lupa pula kasih cek list setiap point, supaya kamu bisa lihat mana yang lebih prioritas.

Ok, selamat mencoba.


TAGS netbook notebook best notebook best netbook


-

Author

Follow Me