Tips Memilih Modem Yang Bagus

22 Jan 2012

Modem Bagus Cepat

Modem Bagus Cepat

Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator Modulate . Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Trendnya akses internet saat ini membuat modem sudah wajib untuk digunakan. Nah, koneksi internet yang digunakan saat ini dengan menggunakan teknologi Edge, Gprs (2G), 3G, HSPA atau UMTS (3.5G).

Namun kadang kita sering kali dibingungkan dengan permasalahan modem seperti apa yang akan kita pakai. Tentunya bagus dan berkualitas.

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan rujukan untuk kiat membeli modem berkualitas:

1. Modem Berkualitas / Modem Bermerk.
Modem yang berkualitas baik biasanya dapat menangkap signal GSM / CDMA tanpa terputus-putus. Support terhadap OS Windows XP, Vista, 7 atau Linux. Penginstalan tidak rumit dan cepat terdeteksi oleh komputer. Dengan melihat merk sangat memudahkan kita dalam mengenali modem. Tanpa harus rumit melihat spesifikasinya. Tapi ini pun tidak menjamin 100% pasti berkualitas.

2. Lihat Garansi.
Garansi sangat penting bagi kita. Karena dengan memiliki garansi bila dalam masa garansi ada kerusakan diluar perkiraan kita, barang tersebut dapat diklaim. Sehingga baik pihak pembeli dan penjual sama sama diuntungkan.

3. Fasilitas Dan Spesifikasi Modem.
Modem yang kaya fitur, misalnya support dengan kecepatan 3.6 Mbps dan 7.2 Mbps. Tersedia slot Micro-SD Card. USB Extension. Fitur Wireless Lan (Wifi). Fitur GPS. Support Eksternal Antena Indoor dan Outdoor, dll.
Tapi adakalanya fitur-fitur tersebut dapat mengakibatkan permasalahan lain pada modem anda, misalnya, modem selalu otomatis terkoneksi ke WiFi daripada ke GSM. Jadi bila anda tidak terlalu paham dengan fitur ekstra yang diberikan sebaiknya saya sarankan pilih modem yang standar saja.

4. Modem Style.
Modem yang hanya mengandalkan seni penampilan agar kelihatan menarik dan terkesan mewah tidak menjamin bahwa modem itu bagus dan berkualitas. Modem dengan koneksi usb terlipat tidak dianjurkan karena mudah rusak.

5.Pengaturan Modem.
Pilih modem yang memiliki pengaturan yang sederhana. Kita bisa mengenalinya lewat colokan di port usb laptop atau personal computer (pc) yang langsung terinstal dengan menampilkan logo/icon dari software modem. Hati hati juga bila membeli modem yang system bundling (paket) karena ada kemungkinan modem tersebut dikunci untuk kartu tertentu, artinya saat pakai kartu lain tidak bisa. Pilihlah modem yang bisa semua kartu gsm, atau bisa semua cdma.

6. Macam Modem.
Ada 2 jenis SIM Card yang digunakan pada modem Sim Card CDMA (Misalnya Smartfren, Flexi, StarOne, Esia, dll), dan SIM Card GSM (Misalnya Simpati, As, Three, Mentari, IM3, Xl, dll).

Tips Memilih Kartu Koneksi Internet :

1. Penawaran Harga.

Harga yang murah akan sebanding dengan kualitas internet yang kita nikmati. Ada yang system paket harian, mingguan bahkan bulanan. Mulai dari time based (sesuai pemakian waktu) atau pun volume based ( sesuai kuota yang tersedia). Ada yang berlimit (memiliki batas) dan ada yang unlimited (tanpa batas ). Misalnya IM2 (indosat), Flash (telkomsel), dll.
2. Sinyal Yang Paling Kuat.
Setiap daerah akan berbeda tingkat sinyal seluler yang dihasilkan. Kita harus melihat provider apa yang paling bagus sinyalnya di sekitar kita. Untuk daerah perkotaan biasanya sudah tersedia sinyal 3G, 3.5G atau HSDPA. Untuk daerah pedesaan biasanya sinyal yang terdeteksi 2G. Kita tidak bisa mengandalkan pemakaian internet berdasarkan promo atau iklan tv. Atau bisa jadi kita memilih provider internetnya yang tidak banyak penggunanya. Jaringan internet yang stabil jauh lebih memuaskan daripada jaringan internet yang kadang sangat cepat aksesnya tapi di tengah jalan putus-putus.

Semoga bermanfaat.


TAGS modem gsm modem cdma tips membeli modem bagus tips membeli modem baik cepat


-

Author

Follow Me