Menjaga Laptop Agar Tetap Awet

29 Jan 2012

tips-merawat-laptop-tetap-awet

tips-merawat-laptop-tetap-awet

Laptop adalah perangkat keras teknologi yang bisa dibawa kemana aja bila anda perlu. Untuk akses internet, untuk menyimpan berbagai data, ataupun sekedar bermain games, berfoto ria dan mengedit sesuatu yang anda suka. Tapi sikap kita yang mobilitas ke sana kemari bisa menyebabkan laptop gampang rusak. Di sini ada beberapa sekelumit tips yang bisa kami bagi untuk anda. Mudah mudahan berguna.

1. Laptop Dalam Tas?

Bila laptop diletak dalam tas, sebaiknya pakai tas yang khusus dirancang buat membawa laptop. Ini dikarenakan laptop yang rentan sifatnya telah terlindungi oleh tas tersebut karena terbuat dari bahan yang lembut dan tebal. Ada juga tas yang dual fungsi, bisa bawa buku plus di sebelahnya bisa bawa laptop sekalian. Buku yang dibawa berbarengan dengan laptop pun jangan sampai padat sehingga membuat laptop semakin terjepit dan tertekan.

2. Jangan Digabung Dengan Buku!

Buku yang seringkali digabung dengan laptop, sehingga membuat laptop mendapat tekanan. Hal ini membuat keyboard (papan ketik laptop) tertekan. Alhasil keyboard laptop menjadi rusak. Dan hal ini yang paling sering terjadi. Kelihatan sepele, tapi satu tombol aja gak bisa diketik, bisa pusing tujuh keliling kita dibuatnya.

3. Laptop Jangan Langsung Di Tutup.

Kita paling sering karena begitu banyaknya tugas dan mungkin menjadi super sibuk, membuat laptop yang telah lama kita gunakan beroperasi karena ada sesuatu hal yang sangat penting harus dimatikan lalu ditutup langsung masuk ke tas. Padahal perlakuan semacam ini pelan-pelan akan merusak kabel-kabel laptop yang masih panas menjadi patah tapi kita gak lihat. LCD menjadi rusak dan guncangan-guncangan hardware (perangkat keras lainnya) juga ikut rusak.

4. Bersihkan Dari Debu.

Sesering mungkin membersihkan laptop dengan alat pembersih khusus laptop biasanya di tiap toko computer bisa kita dapatkan. Ada khusus pembersih keyboard, lcd. Tapi mohon laptop bila dibersihkan, dihembus pakai mulut. Karena udara yang kita hembus bisa membuat rusak alat elektronik.

5. Pakai Cooler Pad.

Cooler pad atau kipas anginnya laptop. Sebenarnya di laptop sendiri sudah tersedia kipas anginnya. Tapi sepertinya kurang memadai dibanding dengan aktifitas kita yang gak ketulungan. Biasanya cooler pad ini di letak di bawah laptop sekaligus jadi mejanya laptop.

6. Di letak Di Tempat Yang Datar.

Jangan biasakan laptop di letak di tempat yang tidak datar, sebab bisa merusak perangkat yang lain terutama harddisk sebagai tempat penyimpanan data secara permanen. Ini penting. Sering kali kita mengoperasikan laptop sambil di letak di atas tempat tidur atau di letak di atas kedua kaki.


TAGS agar laptop awet tips laptop agar tetap awet menjaga agar laptop awet cara laptop supaya awet


-

Author

Follow Me