Untuk Kemajuan Warung Internet (WARNET)

8 Feb 2012

tips mengelola warnet

tips mengelola warnet

Untuk Kemajuan Warung Internet (WARNET) memang harus sangat kita perhatikan. Apalagi saat ini lagi meledaknya pangsa pasar warnet. Bagi warnet yang tutup lebih banyak dikarenakan manajemen yang tidak memadai dan tidak fokus. Membangun warnet memang lebih dianjurkan untuk mereka yang sudah mahir dengan komputer. Dikarenakan warnet terlalu banyak sebenarnya berbagai masalah yang harus dihadapi. Mulai dari komputer yang kena virus, jaringan yang lambat, pemakaian billing harga, membagi data. Tips yang kami berikan ini lebih fokus pada warnet yang bukan game online. Beberapa yang harus diperhatikan :

1. Browser harus selalu up to date.

Seperti Mozilla firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explorer harus selalu diupdate softwarenya. Biasanya sebulan sekali para browser mengeluarkan update terbarunya. Atau Aplikasi lain seperti Skype, Yahoo Massenger, Mirc juga seperti itu harus diupdate. Dan tentunya masih banyak program yang harus diupdate.

2. Komputer Bebas Virus.

Sangat mengesalkan jikalau komputer warnet bervirus. Akses jadi galau campur lemot. Pelanggan kesal, data rusak dan hilang, akses lama dan sering tidak nyambung. Membangun warnetkan tujuannya membantu orang menghubungkan dengan segala keperluannya. Lihatlah pelanggan kita atas segala keluh kesalnya. Apa yang menjadi kekurangan sebaiknya segera di atasi. No Virus, No Spam.

3. Blokir Situs Porno.

Ini sangat berguna. Karena dari sinilah munculnya varian virus. Menghemat tenaga atau biaya menginstal ulang komputer.

4. Pencahayaan Warnet, Kebersihan, Sirkulasi Udara, Musik.

Ini penting buat warnet yang menyediakan tempat yang jelas terlihat penerangannya memudahkan orang membaca data, kebersihan terjaga membuat pelanggan menjadi sehat, beraktifitas dengan suasana segar, Udara yang terus bersikulasi dengan baik ataupun ruangan tidak terlalu panas menyebabkan mereka betah untuk berselancar menyelesaikan tugasnya apalagi diiringi dengan musik yang cocok dengan suasana saat itu.

5. Tampilan Desktop atau LCD, WallPaper, Keyboard, Mouse, CPU.

Tampilan Desktop atau LCD yang selalu bersih tidak adanya goresan tangan, bercak-bercak debu membuat tampilan penglihatan semakin memuaskan di mata. Wallpaper yang sering diganti mempengaruhi suasana hati dan seisi ruangan warnet. Keyboard yang bersih, terang hurufnya dan selalu diganti saat tombolnya rusak merupakan nilai plus suatu warnet. Mouse yang diperhatikan kebagusannya serta cpu yang sering dibersihkan dari debu dan sarang laba-laba membuat pc ini tetap sangat bertahan lama.

6. Senyum Anda Dan Loyalitas.

Tersenyumlah anda dalam keadaan apapun, ini begitu kuat buat branding sebuah bisnis terutama warnet. Sekali pelanggan senang selamanya ia tidak pindah kelain hati, berikan loyalitas anda sehinga mereka mau membayar harganya. Jangan pernah pakai aji mumpung untuk mengambil keuntungan sesaat. Bersabarlah karena ini untuk hubungan yang lebih panjang.

7. Terapkan One Stop Solution

Warnet harus dilengkapi dengan operator yang handal mengetik, printer hitam dan berwarna siap utnuk dipakai tanpa rusak, scan ok, pulsa dijual, makanan beragam, pilihan minuman banyak, alat tulis kantor cukup tersedia, dll.

Semoga Bermanfaat…………

Jika anda merasa sulit mencari teknisi yang handal dan terpercaya, kami mungkin bisa mengatasi masalah anda. Terima Kasih.


TAGS Kiat Mengelola Warnet Manajemen Warnet Yang Baik Tips Warnet Tips Meningkatkan Omzet Warnet


-

Author

Follow Me